Rabu, 01 Juli 2015

SOFTSKILL - PEREKONOMIAN INDONESIA




1.      Apa yang anda ketahui tentang perekonomian Indonesia? Jelaskan!

Jawab:
Menurut saya, sistem ekonomi merupakan kumpulan dari kebijakan-kebijakan maupun aturan-aturan yang saling berkaitan guna mencapai kemakmuran dalam suatu pemerintahan. Sistem perekonomian yang dijalankan di Indonesia tersebut berpedoman pada Pancasila. Oleh karena itu, secara normatif Pancasila dan UUD 1945 menjadi idiil sistem perekonomian Indonesia.

Seperti yang tercantum dalam UUD 1945 bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”, dengan adanya sumber daya alam yang berlimpah dapat dipastikan Indonesia menjadi Negara yang sangat berperan penting atau berpengaruh di ruang lingkup global. Hal tersebut turut mempengaruhi sistem perekonomian Indonesia itu sendiri. Di sisi lain pun Indonesia juga ikut mengikuti perkembangan perekonomian global yang tak jarang juga mempengaruhi ekonomi Indonesia, misalnya perkembangan valuta asing. Sehingga Indonesia diharuskan untuk terus mengikuti perkembangan harga valas tersebut dan berusaha mengimbangi perkembangan harga valas demi tercapainya kelangsungan perekonomian tanah air.

2.      Jelaskan masalah yang menjadi tantangan perekonomian Indonesia di masa yang akan datang!

Jawab:
1.      Perekonomian di masa kedepan akan semakin terintegrasi ditandai adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang berlangsung mulai tahun 2015.
2.      Ekonomi masa depan akan ditandai fenomena teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin menunjukan intervensinya terhadap perekonomian.
3.      Semakin tinggi tuntutan keadilan serta tuntutan penurunan kemiskinan secara global serta  tuntutan untuk meningkatkan kualitas kehidupan umat manusia.
4.      Semakin tingginya tuntutan akan pembangunan ekonomi berkelanjutan.
5.      Bergesernya kutub pembangunan dari barat ke arah timur terutama kawasan Asia Pasifik.
6.      Sekitar 23% penduduk di dunia merupakan umat islam yang tersebar di berbagai negara,yang akan memberikan kontribusinya kepada perekonomian melalui konsep ekonomi syariah.

3.      Sebutkan 6 indikator pengelolaan utang RI membaik versi pemerintah!

Jawab:
1.      Utang nominal bertambah tapi PDB naik tajam sehingga rasio utang/PDB turun tajam terutama sejak 2005.
2.      Tambahan pinjaman luar negeri netto negatif sejak 2005, artinya Indonesia membayar pinjaman luar negeri jauh lebih besar dari penarikan pinjaman baru. 
3.      Utang yang bertambah (nominalnya) adalah dalam bentuk Surat Berharga Negara (SUN & Sukuk) rupiah yang diterbitkan di dalam negeri agar dapat mengurangi pinjaman luar negeri sekaligus mendorong pengembangan pasar modal.
4.      Rezim sebelum Pemerintahan saat ini mengandalkan penjualan aset negara melalui privatisasi dan penjualan aset bank rekap. 
5.      Dalam sejarah kredit rating RI, selama rezim sebelum SBY pernah mengalami 'SELECTIVE DEFAULT' 2 kali. Artinya, perekonomian negara dianggap brengsek dan tidak bisa bayar utang.  
6.      BPK telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas bagian anggaran pengelolaan utang.

4.      Jelaskan pembangunan berwawasan nusantara!

Jawab:
Pembangunan berwawasan nusantara sebenarnya tidak lain adalah pembangunan yang berwawasan ruang. Pembangunan berwawasan ruang (ekonomi regonal) tersirat dalam argumentasi Myrdall dan Hirschman, yang mengemukakan sebab-sebab daerah miskin kurang mampu berkembang secepat seperti yang terjadi di daerah yang lebih kaya (Suroso, 1994).
Dilihat dari dimensi ekonomi-regional, Indonesia menghadapi dilema dualisme teknologis, yakni perbedaan dan ketimpangann mengenai pola dan laju pertumbuhan di antara berbagai  kawasan dalam batas wilayah satu negara. Dilema teknologis menonjol karena adanya  asimetri (ketidakserasian) antara lokasi penduduk dan lokasi sumber alam (Soemitro Djojohadikusumo, 1993).


5.      Mengapa sector industry dapat berkembang pesat di Indonesia?

Jawab:
Perkembangan industri melibatkan berbagai penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di Indonesia, kegiatan pembangunan ditunjang oleh tumbuhnya berbagai jenis industri dengan berbagai jenis kegiatan. Di Indonesia, aneka industri memanfaatkan teknologi yang lebih sederhana dan memperluas kesempatan kerja, sehingga disini dapat menyerap tenaga kerja. Jadi, dengan aneka industri, pembangunan Indonesia dapat maju bahkan berhasil memproduksi barang ekspor.

6.      Sebutkan ciri utama perekonomian Indonesia!

Jawab:
1.    Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan
2.    Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajad hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3.    Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
4.    Warga negara diberikan kebebasan untuk memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
5.    Sumber-sumber kekayaan alam dan keuangan negara, dipergunakan dengan permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat
6.    Hak milik perseorangan diakui dan pemanfaataanya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
7.    Potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan secara penuh, sepanjang tidak merugikan kepentingan umum.
8.    Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara


7.      Sebutkan faktor-faktor penyebab krisis di Indonesia tahun 1998!

Jawab:
1.      Stok hutang luar negeri swasta yang sangat besar dan umumnya berjangka pendek, telah menciptakan kondisi bagi “ketidakstabilan”. Hal ini diperburuk oleh rasa percaya diri yang berlebihan, bahkan cenderung mengabaikan, dari para menteri di bidang ekonomi maupun masyarakat perbankan sendiri menghadapi besarnya serta persyaratan hutang swasta tersebut.
2.      Terkait erat dengan masalah di atas, adalah banyaknya kelemahan dalam sistem perbankan di Indonesia. Dengan kelemahan sistemik perbankan tersebut, masalah hutang swasta eksternal langsung beralih menjadi masalah perbankan dalam negeri.
3.      Sejalan dengan makin tidak jelasnya arah perubahan politik, maka isu tentang pemerintahan otomatis berkembang menjadi persoalan ekonomi pula.
4.      Perkembangan situasi politik telah makin menghangat akibat krisis ekonomi, dan pada gilirannya memberbesar dampak krisis ekonomi itu sendiri.

8.      Tuliskan kebijakan pemerintah dalam mengatasi krisis!

Jawab:
Adapun kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengatasi krisis ekonomi di Indonesia dibuat mencakup 4 paket, yaitu:
1.      Paket pertama dibuat untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Dalam paket ini yang akan dilakukan adalah mendorong ekspor dan memberikan keringan pajak kepada industri yang berorientasi ekspor. Kemudian, pemerintah juga akan menetapkan pajak barang mewah lebih tinggi untuk mobil CBU dan barang-barang impor bermerek dari rata-rata 75% menjadi 125% hingga 150%. Lalu, pemerintah juga akan memperbaiki ekspor mineral.
2.      Paket kedua untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Pemerintah akan memastikan defisit APBN-2013 tetap sebesar 2,38% dan pembiayaan aman.
3.      Paket ketiga untuk menjaga daya beli. Dalam hal ini, pemerintah berkoordinasi dengan BI untuk menjaga gejolak harga dan inflasi.
4.      Paket keempat untuk mempercepat investasi, pemerintah akan mengefektifkan sistem layanan terpadu satu pintu perizinan investasi.

9.      Mengapa saat ini Indonesia sedang giat membangun infrastruktur di Indonesia bagian timur?

Jawab:
Sudah hampir menjadi kesimpulan umum bahwa infrastruktur adalah fundamental perekonomian Indonesia. Bahwa daerah atau kawasan Indonesia Timur merupakan wilayah strategis guna membangkitkan potensi nasional. Oleh karena itu hari ini adalah saat yang tepat guna meletakkan kemauan bersama menyusun konsep pembangunan infrstruktur kawasan Timur Indonesia yang bersumber pada kesadaran penguasaan teknologi dan keunggulan sumberdaya daerah.
Oleh karena itu, ruang lingkup dari penyusunan strategi ini mencakup seluruh aspek potensi ekonomi wilayah Indonesia Timur sebagai rumusan strategis pembangunan infrastruktur nasional, baik berdasarkan subsektor jenis infrastruktur dan maupun tipologi kewilayahan dengan basis pendekatan potensi.

Penyusunan strategi pembangunan dan pembiayaan infrastruktur kawasan timur Indonesia diharapkan dapat menghasilkan Master Plan di bidang infrastruktur yang akan mendukung skenario pembangunan era baru ekonomi Indonesia di masa yang akan datang. Master Plan ini diharapkan dapat memuat berbagai data dan informasi mengenai pembangunan dan pembiayaan infrastruktur berdasarkan skala prioritas pembangunan dan regulasi yang mendukung arah pembangunannya.


10.  “Mendapatkan keuntungan/laba maksimal dengan biaya/usaha minimal” menurut anda pernyataan ini benar atau salah? Jika benar, kenapa? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?

Jawab:
Menurut saya benar,karena dengan mancari laba maksimum salah satu caranya dengan pendekatan marjinal. Perhitungan laba dilakukan dengan membandingkan biaya marginal (MC) dan pendapatan marginal (MR).

Laba maksimum akan tercapai pada saat MR = MC.

π = TR – TC Laba maksimum tercapai bila turunan pertama fungsi π(δ π /δQ) sama dengan nol dan nilainya sama dengan nilai turunan pertama TR (δTR/ δQ atau MR) dikurangi nilai turunan pertama TC (δTC/ δQ atau MC)
Sehingga MR – MC = 0. Dengan demikian, perusahaan akan memperoleh laba maksimum bila ia berproduksi pada tingkat output di mana MR = MC.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar