Jumat, 23 November 2012

BAB XI. Peranan Koperasi di Pasar


1. Pasar Persaingan Sempurna

Adanya penjual dan pembeli yang sangat  banyak  Produk yang dijual perusahaan adalah
sejenis (homogen), Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar, Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Persaingan Sempurna

2.Di Pasar Monopolistik 


Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk  yang beragam
1. Produk yang dihasilkan tidak homogen
2. Ada produk substitusinya
3. Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
4. Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi
5. berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
6. gambar

3.Di Pasar Monopsoni


Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.

Komoditas. Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan  potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.

Salah satu contoh  monopsoni  juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI. Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.

4.Di Pasar Oligopoli


Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada  beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai
pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,  membedakan mutu dan bentuk produk

• Penawaran Harga yang bersifat Predator
• Price Leadership :
- Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah




Sumber:
http://rika50.blogspot.com/2012/11/xi-peranan-koperasi-di-pasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar