Rabu, 17 Oktober 2012

PINBUK, Bisnis Usaha Kecil yang Mengakar



Sejarah Singkat

Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) atau Center for Micro Enterprise Incubation didirikan pada tanggal 13 Maret 1995 di Jakarta oleh Prof. DR. B.J. Habibie Ketua Umum ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia), alm. K.H. Hasan Basri Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan Zainul Bahar Noor, SE.
Direktur Utama Bank Muamalat Indonesia (BMI) PINBUK didirikan karena adanya tuntutan yang cukup kuat dari masyarakat yang menginginkan adanya perubahan dalam struktur ekonomi masyarakat yang dikuasai oleh beberapa gelintir golongan tertentu, utamanya dari ekonomi konglomerasi kepada ekonomi yang berbasis masyarakat banyak.

Latar Belakang

Ketika konsep “trickle down effect” diluncurkan, diharapkan menjadi solusi atas kesenjangan dan ketimpangan ekonomi di Indonesia. Ternyata harapan itu tidak terwujud, data kemiskinan setiap tahun dari BPS dan berbagai lembaga lain menunjukkan bahwa kemiskinan di negeri tercinta masih cukup signifikan. Sementara itu data dan fakta juga menunjukkan bahwa usaha mikro kecil-lah yang terbukti bisa bertahan di masa krisis, kinerjanya sepanjang tahun juga menggambarkan lebih besar dari aspek jumlah, kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja hingga dalam pendapatan domestik bruto dibanding usaha besar, sehingga strategi penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan usaha mikro kecil merupakan pilihan strategis yang semestinya dikembangkan secara sistematis dan simultan.


Besarnya jumlah penduduk miskin dan unit usaha mikro mengharuskan penanggulangan kemiskinan dan pengembangan usaha mikro sebagai prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Dalam hal ini, PINBUK didirikan sejak 1995 dengan mengembangkan model Lembaga Keuangan Mikro – Baitul Maal wat Tamwil (LKM BMT) sebagai strategi pemberdayaan masyarakat melalui penumbuhkembangan keswadayaan dan kelembagaan sosial ekonomi yang dapat menjangkau dan melayani lebih banyak unit usaha mereka yang tidak mungkin dijangkau langsung oleh perbankan umum.
PBB melalui “Millenium Development Goals (MDGs)” telah mentargetkan penurunan kemiskinan hingga tahun 2015 sebesar 50% dari 1,5 milyar jumlah penduduk miskin dunia saat ini melalui layanan Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Demikian juga Indonesia, pada tanggal 26 Februari 2005 Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, telah mencanangkan tahun 2005 sebagai Tahun Keuangan Mikro Indonesia. Hal ini semakin mengukuhkan apa yang sudah dan sedang terus dilakukan oleh PINBUK selama ini melalui pengembangan merupakan strategi yang tepat dalam pemberdayaan masyarakat.

Visi
Menjadi lembaga yang terpercaya di Indonesia dalam penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dan Kelompok-kelompok Usaha Mikro yang mandiri, berkelanjutan dan mengakar di masyarakat.

Misi
Mewujudkan kehidupan “Rahmatan lil’Alamin”, Rahmat bagi semua, dengan:
1.   Membangun keswadayaan masyarakat dan pengembangan LKM/BMT dan Kelompok-kelompok Usaha Mikro yang mandiri, berkelanjutan dan mengakar di masyarakat.
2.      Menumbuhkembangkan praktek - praktek kewirausahaan yang bermutu dan profesional.
3.  Menciptakan akses yang lebih mudah hingga masyarakat miskin dan usaha mikro mampu menjangkau peluang, informasi dan sumberdaya untuk pengembangan usaha.
4.   Mengembangkan sumberdaya manusia dan sumberdaya ekonomi masyarakat miskin dan usaha  mikro serta lembaga - lembaga pendukung dalam pengembangannya.
5.   Mendorong terwujutnya kebijakan publik yang mendukung pada peningkatan akses masyarakat miskin dan usaha mikro kepada sumberdaya ekonomi melalui pengembangan LKM/BMT.
6.    Mengembangkan lembaga - lembaga pendukung/ infrastruktur dalam pengembangan kualitas dan kuantitas LKM serta layanan pengembangan usaha mikro.
7.  Mengembangkan pemberdayaan sosial masyarakat yang terpadu dalam aspek usaha ekonomi produktif (UEP) dan usaha kesejahteraan sosial (UKS) pada berbagai kelompok masyarakat.
8.      Memasyarakatkan Ekonomi Syariah di level Mikro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar